8 Tips Desain Dapur Minimalis Yang Wajib Anda Coba

Dapur disebut sebagai ruangan yang cukup kompleks, sehingga dibutuhkan pertimbangan matang dalam pembuatannya demi memaksimalkan penggunaannya. Bahkan lahan terbatas pun bukanlah penghalang memiliki dapur nyaman dan terasa lapang, karena keinginan tersebut dapat diwujudkan dengan desain dan tata peletakkan yang tepat. Agar tidak kebingungan, berikut sederet tips desain dapur minimalis yang bisa Anda coba.

Tips desain dapur minimalis

Tips Jitu Mendesain Dapur Impian dengan Konsep Minimalis

Mengetahui Kondisi Dapur

Walaupun tampak sepele, ternyata mengetahui kondisi dapur secara menyeluruh termasuk langkah yang pelru dilakukan untuk mewujudkan dapur impian. Maksud mengetahui kondisi dapur disini tidak hanya sebatas ukuran semata, namun lebih kompleks dan membutuhkan pertimbangan matang. Mulai dari pemberian ventilasi, struktur dinding, posisi stop kontak, dan masih banyak pertimbangan lainnya yang harus dipikirkan.
Sebab kondisi serta struktur arsitekturnya akan berpengaruh terhadap besaran anggaran serta berapa lama waktu yang dibutukan untuk membuatnya. Semakin banyak detail yang diperhatikan, secara otomatis dapur dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Dan semakin banyak pula detail yang dipertimbangkan, memperkecil kemungkinan adanya renovasi hanya karena kondisi dapur yang dianggap kurang tepat.

Prioritaskan Kebutuhan

Artian minimalis bukan sekedar memanfaatkan lahan yang ada dengan maksimal semata, namun juga berfokus pada fungsinya. Dengan kata lain, memprioritaskan kebutuhan adalah langkah tepat dibandingkan mendahulukan keinginan. Oleh karenanya, penghuni diwajibkan memahami betul apa yang menjadi kebutuhannya. Cara ini dilakukan agar semua sudut ruangannya dapat dimanfaatkan maksimal, mengingat ukuran dapurnya yang memang terbatas.

Mengetahui gaya memasak harian, merupakan salah satu cara mengetahui desain dapur minimalis yang sesuai kebutuhan. Agar fungsi dapur lebih maksimal, tidak ada ruginya menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu area. Kedua ruangan tersebut memiliki fungsi yang hampir serupa, sehingga penggabungan keduanya bisa menghemat lahan yang terbatas. Hal ini perlu dipertimbangkan dengan matang agar tidak ada perubahan ataupun renovasi di kemudian hari.

Memasang Perangkat Dapur dengan Tepat

Memasang perangkat dapur dengan tepat, masuk dalam akfititas penting yang tidak boleh dilewatkan karena dapat berpengaruh pada ketahanan kondisi dapurnya. Agar lebih awet, pastikan memasang kabinet dapur ketika dinding dalam keadaan kering. Sebab dinding yang basah justru membuat kabinet lebih mudah lapuk atau bahkan rusak sebelum masanya. Jika sudah demikian, Anda sendirilah yang akan menanggung kerugiannya.

Bukan hanya pemasangan, bahkan pemilihan pipa ataupun proses instalasi pipa yang kurang tepat, meningkatkan resiko terjadinya kebocoran. Namun tidak perlu khawatir, karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan membeli pipa berukuran tepat serta tidak memasang terlalu banyak sambungan. Sebab faktor penyebab kebocoran lainnya seringkali berasal dari sambunan pipanya yang mulai melonggar.

Lakukan Penataan Dapur

Dapur adalah area dimana berbagai peralatan dapur disimpan dengan aman, sekaligus menjadi tempat melakukan aktifitas memasak. Fungsinya yang kompleks, mengharuskan sang pemilik untuk menyesuaikan alur kinerjanya agar penggunaan dapur terasa nyaman. Secara garis besar terdapat 3 jalur pekerjaan yang dikerjakan di dapur yaitu penyimpanan makanan menuju kulkas, memasak di area kompor, serta area penyimpanan makanan menuju area table top.

Agar ketiga jalur pekerjaan tersebut bisa dilakukan dengan leluasa, maka dibutuhkan desain dapur minimalis tepat mulai dari bentuk hingga ukuran. Penempatan jalur tepat, pengguna dapur bisa memanfaatkannya secara efektif dan optimal tanpa menguras tenaga dan waktu terlalu banyak. Ketika Anda merasa nyaman, maka aktifitas memasak menjadi lebih menyenangkan tanpa ada lagi keluhan ketika menggunakannya.

Memilih Material Terbaik

Demi menekan pengeluaran agar tidak membengkak, memilih material berkualitas tinggi dan tahan lama bisa menjadi solusi tepat. Sebisa mungkin carilah toko furnitur yang menawarkan kualitas terbaik dengan harga bersahabat di kantong, untuk mendapatkan keuntungan berlipat. Namun tidak ada salahnya mengeluarkan dana sedikit lebih tinggi jika barang yang diinginkan memang berkualitas dibandingkan lainnya.

Pemilihan furnitur berkualitas bisa menjadi bentuk investasi terbaik yang pernah dilakukan. Dikatakan sebagai investasi menguntungkan, karena furnitur pada desain dapur minimalis akan terus digunakan dalam waktu yang lama. Keputusan membeli furnitur berkualitas tidak akan pernah melahirkan kekecewaan, pasalnya barang yang sering digunakan juga bisa rusak bila waktunya. Namun masa penggunaannya akan diperpanjang, mengingat daya tahannya yang tinggi.

Ikuti Standar Dapur

Membuat ruangan khusus dapur ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan. Karena Anda harus memahami bahwa terdapat ukuran standar yang harus dipatuhi ketika ingin membuat dapur dengan konsep minimalis. Misalnya saja jika Anda hendak menambahkan sejumlah kabinet untuk menyimpan peralatan dapur, maka diperlukan perhitungan tepat agar tidak terjadi benturan ataupun lemari tidak bisa dibuka.

Pilihlah ukuran lebar kabinet atas minimal 30 cm dari atas dinding dan ukuran sekitar 60 cm untuk bagian bawahnya, merupakan ukuran kabinet ideal untuk diterapkan pada desain dapur minimalis. Untuk memaksimalkan penggunaan kabinetnya, silahkan berikan jarak antara kabinet atas hingga 100 cm saja. Selain jarak, jangan lupa berikan penerangan yang pas dan ditempatkan di posisi tepat agar seluruh bagian dapur tersinari dengan baik.

Merawat Dapur Agar Tetap Awet

Membuat dapur terbaik dan dengan bahan berkualitas sekalipun, akan terasa percuma jika tidak diimbangi dengan perawatan rutin. Padahal perawatan termasuk kewajiban yang harus dilakukan oleh sang pemilik dapur, agar furnitur dan peralatannya tetap awet hingga berpuluh puluh tahun kemudian. Singkirkan rasa malas membersihkan dapur usai digunakan adalah solusi agar penghuni lainnya merasa nyaman ketika hendak menggunakannya.

Setiap barang yang dimiliki tentu memiliki masa penggunaan yang berbeda, tergantung dari bahan dan bagaimana orang tersebut merawatnya. Apabila menemukan kerusakan di area sekitar dapur, segera lakukan penanganan ataupun perbaikan secepat mungkin. Sebab penundaan perbaikan komponennya hanya akan memperburuk kemungkinan yang ada. Bahkan ada kemungkinan komponen tersebut mengalami kerusakan dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Manfaatkan Permainan Warna

Disadari atau tidak, pemilihan warna pada dapur idaman tidak kalah penting diperhatikan. Walaupun tidak ada larangan menggunakan perpaduan warna favorit, dianjurkan untuk mempertimbangkan keseimbangan serta komposisi warna. Permainan warna tidak boleh dilakukan sembarangan, terutama jika tertarik memberikan kesan minimalis dan elegan pada dapur idaman. Dengan pemilihan tepat, dijamin dapur tampak cantik dan memberikan nuansa nyaman.

Beberapa warna yang bisa Anda gunakan untuk memunculkan kesan minimalis seperti warna netral (putih, hitam, dan abu abu), warna cerah seperti merah maupun kuning bisa menjadi pilihan terbaik. Agar dapur tampil beda, tambahkan sentuhan warna lainnya dan kemudian satukan dngan perabotan lainnya yang berwarna netral. Disinilah kreatifitas anda dalam desain dapur minimalis bisa dikembangkan sesuai keinginan.

Dapur bukanlah sekedar tempat penyimpanan peralatan alat masak saja, karena terdapat segudang aktifitas yang bisa dilakukan di ruangan tersebut. Demi kenyamanan dan keamanan pengguna dapur, diperlukan pertimbangan matang yang disesuaikan dengan kebutuhan para penghuninya. Pemilihan desain tepat, maka fungsi dapur dapat beroperasi dengan maksimal sesuai dengan keinginan.

Leave a Comment

× Hubungi Kami