Rekomendasi 8 Ide Dapur Kecil Untuk Hunian Minimalis Anda

Dapur termasuk satu dari sekian banyak ruangan yang wajib dimiliki oleh setiap hunian. Sayangnya akibat keterbatasan lahan, tidak jarang ukuran dapur harus dipangkas agar semua ruangan bisa muat di dalamnya. Alhasil pengguna dapur berukuran kecil kerap melayangkan keluhan akibat pergerakannya menjadi terbatas dan terasa kurang nyaman. Agar memasak lebih menyenangkan, berikut sekumpulan ide dapur kecil yang bisa Anda terapkan.

Sederet Ide Dekorasi Kreatif Memanfaatkan Dapur Berukuran Mungil

Desain Dapur Kecil yang Minimalis

Percaya atau tidak, lahan terbatas sekalipun bukanlah alasan tepat untuk mengubur mimpi memiliki dapur luas dan nyaman. Kesempatan mewujudkan dapur idaman masih terbuka lebar ketika menerapkan desain dapur kecil minimalis. Benar, desain satu ini dianggap ideal untuk diterapkan pada hunain dengan lahan terbatas sekalipun. Menambahkan sejumlah furnitur dengan desain sederhana merupakan kunci utama untuk mewujudkannya.

Mengedepankan fungsi, tampilan sederhana, namun juga rapi dalam satu waktu dianggap sebagai fokus utama yang harus dibenamkan di pikiran. Beruntungnya lagi, desain minimalis memang cocok disandingkan dengan gaya desain lainnya. Dengan kata lain, kesan minimalis yang diinginkan bergantung dengan selera dan bagaimana kreasi sang pemiliknya. Dengan pemilihan furnitur tepat, dijamin dapur tampak elegan dan lebih lega dipandang.

Manfaatkan Furniture Multifungsi

Dapur dengan furniture multifungsi via canva pro

Ukuran dapur yang tidak terlalu besar, mengharuskan penghuninya sedikit memutar otak agar ruangan tersebut tetap terasa nyaman digunakan. Menyingkirkan furnitur yang tidak terlalu penting dan menggantinya dengan furnitur multifungsi, dianggap solusi cerdas yang bisa dilakukan. Misalnya saja menggunakan meja tarik tersembunyi, yang dapat difungsikan sebagai tempat menyimpan aneka peralatan makan ataupun peralatan masak kecil sekalipun.

Berkat penambahan furnitur simple, dapur tampak lebih lapang dan tidak akan membatasi gerakan Anda. Kesan minimalis dapat diperkuat dengan pemilihan warna tepat, tata peletakan setiap furniturnya, serta disesuaikan dengan konsep yang diusung. Sedangkan perabotan alat masaknya sendiri bisa diletakkan di dalam lemari, agar dapur tampak bersih dan lebih sedap dipandang.

Desain dengan Bentuk U

Mendekorasi dapur dengan kabinet berbentuk U dianggap sebagai ide dapur kecil kreatif yang perlu diapresiasi. Berkat bentuknya yang setengah melingkar, membuat penghuni lebih bebas bergerak saat memasak ataupun kesedar menyiapkan makanan. Bagaimana tidak, pengguna dapur hanya perlu membalikkan badannya ketika membutuhkan alat masak tertentu tanpa melangkah kaki terlalu jauh.

Dianggap lebih efisien tanpa perlu mengeluarkan tenaga besar, alhasil Anda tidak perlu khawatir masakan akan gosong saat pergi sebentar mengambil alat yang dibutuhkan. Bahkan tidak ada lagi keluhan kesulitan memindahkan cucian bersih dari wastafel ke tempat penyimpanan. Agar lebih maksimal, pilihlah furniture yang minimalis kaya akan fungsi sebagai pilihan terbaik untuk menyimpan segala peralatan dapur agar tetap terlihat lapang.

Berikan Gantungan Peralatan Masak

Memiliki lemari khusus penyimpanan peralatan dapur memang tampak menggoda, namun akan menjadi masalah baru ketika menerapkannya pada ruangan dapur sempit. Tidak perlu berkecil hati, karena Anda masih bisa mensiasatinya dengan menghadirkan area khusus gantungan berbagai macam jenis peralatan masak di salah satu dinding dapur. Dengan memanfaatkan dinding yang belum terpakai, kini semua alat dapur tersimpan dengan rapi.

Dibandingkan tempat penyimpanan lainnya, ide dapur kecil dan kreatif satu ini dianggap lebih efisien. Sudah terlihat jelas di depan mata, kini pengguna dapur tidak perlu kesulitan membongkar tumpukan atau bahkan seluruh isi lemari untuk menemukan satu alat yang dibutuhkan. Cukup dengan mengintip di tempat penyimpanan gantung, dijamin alat tersebut sudah bisa ditemukan. Alhasil, dapur tampak lebih lapang dan pengguna pun dapat bergerak lebih bebas.

Tambahkan dengan Jendela

Dapur dengan tambahan jendela via canva pro

Mendekor dapur idaman agar terlihat lebih lapang dan segar ternyata tidaklah sulit ataupun memerlukan biaya besar. Cukup dengan memberikan jendela pada salah satu bagian dinding dapur, dijamin aktifitas memasak menjadi lebih menyenangkan. Nuansa segar dan lebih luas bisa didapatkan, berkat fungsi utama jendela yang membuat sirkulasi udara menjadi lancar. Sinar matahari pun masuk lewat celah celah jendela, sehingga dapur tampak lebih terang.

Selagi asyik memasak, tanpa sadar embun dan kepulan asapnya menyebar luas ke seluruh bagian rumah. Alhasil sejumlah kepulan asap nampak terjebak di dalam rumah tanpa bisa keluar, yang membuat penghuninya merasa kurang nyaman. Dalam kondisi tersebut, penambahan jendela dianggap sebagai penyelamat sekaligus ide dapur kecil terbaik agar bisa menghirup udara segar kembali.

Tambahkan Cermin sebagai Backsplash

Desain kitchen set dengan tampilan modern

Cermin memiliki kemampuan khusus untuk memantulkan bayangan yang ditangkapnya. Namun siapa sangka jika kemampuannya tersebut kerap kali dimanfaatkan agar hunian tampak lebih lapang. Dengan kata lain, penambahan cermin dengan material backsplash dianggap solusi cerdas mengatasi dapur yang terlihat sempit. Bukan hanya itu saja, pasalnya material cermin tersebut lebih mudah dibersihkan sehingga tidak perlu takut ketika terciprat minyak sekalipun.

Desain Dapur Kecil Tersembunyi

Keterbatasan lahan membuat pemilik rumah harus memangkas ukuran setiap ruangan huniannya. Alhasil beberapa ruangan dengan fungsi yang hampir serupa akan digabungkan menjadi satu wilayah, dengan maksud agar hunian tetap terlihat lapang. Contohnya saja seperti ruang makan dan dapur yang kerap digabungkan menjadi satu wilayah, mengingat fungsinya yang hampir serupa dan merupakan salah satu tempat dimana seluruh anggota berkumpul.

Sayangnya sebagian orang merasa risih jika kedua ruangan tersebut menjadi satu. Tidak perlu khawatir, karena anda bisa menerapkan desan dapur kecil tersembunyi sebagai ide dapur kecil terbaik. Dikatakan dapur tersembunyi, lantaran area dapurnya akan ditutupi oleh partisi lipat ataupun tirai khusus sebagai sekatnya. Ketika ingin memasak sekat tersebut akan dibuka, dan akan ditutup kembali setelah segala urusan di dapur selesai.

Desain Dapur Kecil Terbuka

Meski terlihat simpel, siapa sangka penambahan kabinet pada desain dapur yang kecil justu membuatnya tampak lebih sempit dari sebelumnya. Jika tetap memaksakannya, sudah bisa dipastikan dapur terasa kurang nyaman bahkan saat ingin melakukan pergerakan kecil sekalipun. Apabila tertarik menciptakan kesan lapang dan terasa lega, silahkan singkirkan kabinet idaman dan sebagai gantinya pilihlah rak dinding terbuka untuk memanfaatkan luas ruang yang ada.

Perabotan yang diletakkan pada rak dinding terbuka pun terhindar dari kelembapan, sehingga tidak ada ruginya menggunakan ide dapur kecil unik satu ini. Bahkan pengguna dapur tidak lagi kesulitan menemukan peralatan dapur yang dibutuhkan, karena semuanya telah terpampang di hadapan mata dengan jelas. Walaupun disimpan di ruang terbuka, Anda bisa mensiasatinya dengan penataan tepat untuk memberikan kesan rapi dan sedap dipandang.

Ukuran ruangan dapur mungil sudah bukan menjadi masalah ketika Anda mengetahui trik desain tepat untuk mengakalinya. Dengan pemilihan tepat, dapur yang awalnya terasa sempit bahkan terasa nyaman bak dapur berukuran besar. Dari contoh ide pada ulasan di atas, Anda juga bisa menambahkan sentuhan kreatifitas sesuai selera untuk mewujudkan dapur impian. Tunggu apa lagi, segera ubah dekorasi dapur Anda dan dapatkan manfaatnya.

Leave a Comment